Alkohol Adalah Kunci!

Hasil gambar untuk senyawa alkohol

Pernah tidak terfikir dalam benakmu, kita adalah negara hukum, tapi kita tidak mendapatkan dasar ilmu hukum itu sendiri, kecuali memang jika kita memutuskan berkuliah di ilmu hukum. Tapi apa kabar dengan 250 juta warga negara kita yang lain ? mungkin itulah salah satu alasan kenapa praktik hukum di Indonesia masih banyak terjadi kecurangan, suap, tajam ke bawah tumpul ke atas dll. Banyak tindak korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara di ganjar dengan hukuman kurang dari 10 tahun, beberapa kali tokoh penting atau bahkan sanak keluarga dari tokoh penting terkena kasus kecelakaan, narkoba dll juga mendapat hukuman yang ringan, bahkan mungkin tidak jauh berbeda dengan seorang nenek yang mencuri 3 buah kopi yang sudah jatuh, tidak jauh berbeda dengan hukuman seseorang yang mencuri sepasang sendal. Sungguh ironi yang terus tumbuh subur. Bahkan wisatawan luar negeripun sampai berani melakukan pelanggaran di indonesia, ada seorang bule naik motor ugal - ugalan di Bali, bahkan yang terbaru, ada 2 orang bule berboncengan naik motor dan mengambil jalur pejalan kaki, kejadian ini sempat viral belakangan ini karna pengendara motor tersebut dihentikan oleh Nicholas Saputra alias pemeran Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta. Lalu ada apakah dengan hukum dan penegakan aturan di Indonesia, sampai tamu dari luar pun tidak takut untuk berbuat kesalahan di negeri kita ?
Bila berkaca pada keadaan ini, tentu hal yang paling penting dari hukum adalah aturan dan penegakan hukum itu sendiri, jika aturan tersebut dalam hal ini Undang - Undang sudah jelas, spesifik, tidak bias dan penegakan dalam aturan tersebut dijalankan dengan baik, tentu negara ini akan memiliki hukum yang adil bagi semua kalangan, tanpa pandang bulu! Untuk mewujudkan itu perlu adanya campur tangan berbagai pihak mulai dari pemerintah, instansi terkait, juga masyarakat. Dalam hal ini pemerintah bukan hanya membuat aturan hukum, namun juga memberikan sosialisasi yang baik kepada masyarakat serta memberikan dasar ilmu hukum bagi generasi muda agar mendapatkan informasitentang hukum seperti apasih itu hukum ?, apasih yang boleh dilakukan ? dan mana yang tidak boleh dilakukan ?
Tentu akan sangat panjang jika kita berbicara wajah hukum di indonesia, tapi saya berharap ada perbaikan yang signifikan dari tahun ke tahun di wajah hukum Indonesia. Hukum adalah hal yang penting karna mengatur tingkah laku kita. Jika hukum kita tidak logis, maka perilaku kita pun bisa tidak logis, coba kita bayangkan tentang alkohol, batas minimal umur seseorang boleh minum alkohol adalah 21 tahun, jadi kita baru boleh meminum alkohol ketika sudah berumur 21 tahun, dibawah itu adalah ilegal, tapi kenapa justru saat umur kita baru 17 tahun sudah boleh memilih di pemilihan umum presiden! Apa si akibat terbesar orang minum alkohol dibanding pemilih yang menentukan nasib pemerintahan kita 5 tahun kedepan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menemui Mimpimu di Jakarta

Angan-angan di Kota yang Jauh

Etika yang Luntur atau Dosen yang Baperan ?